Bone Rencana Terapkan Smart City

12

Pemerintah Kabupaten Bone mewacanakan penerapan Smart City. Tahun depan, pemerintah kabupaten berencana mulai merintis desain alur lalu lintas di dalam Kota Watampone.

Kepala Dinas Komonikasi Informatika dan Persandian Kabupaten Bone, Andi Amran, mengungkapkan, pengerjaan Smart City di akan dikerjakan bertahap. Sebagai langkah awal, pemerintah akan membuat Road Map atau jalur lalu lintas di dalam Kota Watampone.

Amran mengatakan, anggaran yang akan disiapkan khusus untuk Road Map sebesar Rp 20 juta. Kendati begitu, ia menyebut dana tersebut masih minim, bahkan yang terendah dari seluruh daerah yang mengerjakan Road Map.

“Jadi kita akan gambarkan alur lalu lintasnya dulu sebagai langkah awal,” kata Amran, di kantornya Rabu (27/09/2017).

Menurut dia, penerapan Smart City akan sangat membantu masyarkat. Tidak hanya terkait perkembangan lalu lintas terkini. Smart City yang akan diterapkan di Kabupaten Bone cukup canggih.

Kata Amran, sistem IT yang akan diterapkan akan menjangkau sejumlah SKPD. Di Dinas Perikanan misalnya, akan menyuguhkan data-data ke dalam sistem dimana saja lokasi ikan yang banyak di laut.

“Jadi ada sistem IT nanti yang akan dikoneksikan di handphone. Semua bisa diakses, mulai dari perkembangan lalu lintas, cuaca, sektor perikanan dan banyak kegunaan lainnya,” ujarnya.

Bahkan, kata dia, penerapan Smart City bisa menurunkan resiko mark up anggaran oleh masing-masing pengadaan barang dan jasa pemerintah. Sistem ini juga menjadi rekomendasi KPK.

“Misalnya dalam pengadaan laptop, harga dan speknya sudah ada. Tidak bisa lagi dinaikkan harganya, kalau dinaikkan maka sistem menolak,” jelas dia.