Daftar Situs Indonesia yang Memberikan Penghasilan Bagi Penulis Online

Penulis adalah sebutan bagi orang yang melakukan pekerjaan menulis, atau menciptakan suatu karya tulis. Penulis memang melahirkan karya berupa tulisan. Tapi hanya penulis yang berpetualanglah yang akan menghasilkan karya terbaik.

Berpetualang tidak harus diartikan sebagai pergi jauh dan mengembara di tengah rimba luas, gunung tinggi, atau samudera, akan tetapi bisa saja hanya di beranda rumah.

Karya tulis bisa berupa karya tulis ilmiah: penelitian, makalah, jurnal; tulisan jurnalistik:artikel, opini, feature; sastra atau fiksi (termasuk prosa, novel, cerpen, puisi).

Format tulisan penerbit berupa media cetak:buku, majalah, tabloid, koran; media on-line/internet: (website, blog; media jejaring sosial: facebook, twitter, google plus dan sebagainya).

Nah, bagi Anda yang gemar menulis, Ada beberapa situs lokal yang membuka lowongan bagi warganet untuk menjadi penulis kontributor. Keuntungan mengikuti program tersebut, tulisan Anda bakal diterbitkan media dan dibaca jutaan masyarakat Indonesia. Selain itu, juga mendapatkan bayaran jika tulisan Anda lolos verifikasi.

1. BasaBasi.co

Situs yang satu ini menerima berbagai jenis tulisan, mulai dari cerpen, puisi, artikel ringan, review film, esai, serta resensi buku. Untuk harga yang ditawarkan berbeda-beda bergantung pada jenis artikel.

Cerpen = Rp 300.000
Esai = Rp 300.000
Artikel ringan = Rp 100.000
Resensi buku = Rp 200.000
Puisi = Rp 250.000

Berminat? Anda bisa langsung ke Basabasi.co   atau kirimkan tulisan ke alamat email gerobaknaskah@basabasi.co

2. Beautynesia.id

Situs ini cocok untuk Anda yang menyukai hal-hal seputar kecantikan. Bila ingin menjadi kontributor, Anda harus mengisi form pendaftaran terlebih dahulu di beautynesia.id/signup/writer. Jika sudah, maka Anda bisa langsung membuat artikel. Tulisan yang berhasil lolos diterbitkan akan dibayar sebesar Rp 20.000.

3. Mojok.co

Untuk bergabung menjadi kontributor penulis di Mojok.co ini, Anda harus memiliki kemampuan menulis yang unik. Sebab artikel di situs ini cenderung tentang opini yang disajikan dengan gaya bahasa lucu, satir dan berupa sindiran cerdas.

Untuk uang honorarium yang diberikan tidak disebutkan jumlahnya. Namun menurut kontributor minimal Rp 10.000, bergantung pada kualitas tulisan. Jika tertarik, baca ketentuan di mojok.co dan kirimkan tulisan di email redaksi@mojok.co

4. Brilio.net

Brilio salah satu situs hiburan yang sangat populer di Indonesia. Situs ini membuka lowongan bagi para netizen untuk bergabung menjadi kontributor penulis. Bayaran per artikelnya adalah Rp 200.000.

Namun, untuk meloloskan tulisan di situs ini cukup sulit. Selain orisinil, artikel Anda juga harus benar-benar menarik. Biasanya proses reviewnya bisa sampai berminggu-minggu. Apabila Anda berminat untuk mencoba, silakan langsung daftar di creator.brilio.net

Siapa sangka tulisan Anda diterima, jangan lupa siapkan rekening BCA, karena situs ini tidak menerima jenis rekening lainnya.

5. Indtimes.com

IDNTimes.com Walaupun masih terbilang baru, situs ini juga terbilang cukup eksis di kalangan anak muda. Anda bisa bergabung di community.idntimes.com untuk menjadi kontributor dengan menulis berbagai tema sesuai yang telah disediakan.

Tulisan yang Anda submit tersebut, nantinya akan dipublish dan di share oleh jutaan orang. Apabila viewersnya mencapai 100 orang maka Anda akan mendapat 1 poin = Rp 100.

Poin bisa ditukarkan dengan uang bila mencapai batas minimal redeem yakni 500 poin= Rp 50.000. Pembayaran dari Indtimes juga hanya bisa dilakukan lewat rekening BCA saja.

6. Babe.news

Bila Anda ingin menjadi penulis di situs bergengsi ini, pastikan tulisan Anda original dan tidak copy-paste, informatif, dan tidak bersumber dari website lokal. Untuk bayaran yang diberikan kepada kontributor besarnya bergantung pada jumlah viewers, yaitu:

100-500 viewers = Rp 10.000
500-5000 viewers = Rp 20.000
5000-10.000 viewers = Rp 30.000
0000-50.000 viewers= Rp 50.000
Di atas 50.000 viewers = Rp 100.000

Proses penyaringan artikel di Babe.news ini juga cukup sulit. Biasanya proses reviewnya bisa memakan waktu 1-4 minggu. Bila Anda tertarik silakan langsung mendaftar ke nulis.babe.news

7. Nulis.co.id

Nulis.co.id merupakan platform hiburan yang cukup besar. Bahkan menjalin kerja sama dengan stasiun televisi swasta lokal, yakni Trans Corp Media. Menjadi kontributor di NULIS ini, Anda bisa membuat artikel dengan segala topik sesuai passion, misalnya tentang bisnis, olahraga, kecantikan, lifestyle, hiburan atau lainnya.

Untuk metode pembayarannya menggunakan sistem revenue sharing atau bagi hasil. Jadi jika artikel berhasil dipublikasikan, Anda akan mendapatkan fee sebesar Rp 15.000. Kemudian, artikel Anda juga dipasang iklan (Ads).

Semakin banyak orang yang mengklik iklan di artikel Anda, maka fee yang diberikan juga semakin bertambah. Batas minimun pencairan dana ke rekening bank adalah Rp 250.000. Tertarik? Langsung aja daftar di Nulis.co.id

8. Jalan Tikus

Kalau Anda suka dengan dunia teknologi, game, gadget atau hal-hal yang gokil, langsung saja daftar jadi kontributor penulis di jalantikus.com.

Bayarannya yang diberikan per artikelnya cukup besar loh, yakni Rp 50.000 dan proses reviewnya juga tidak terlalu sulit. Syaratnya tulisan original dan tidak mengandung unsur SARA ataupun politik.

Sebetulnya banyak sekali situs / website di Indonesia yang membayar penulisnya dengan harga mahal ratusan sampai jutaan rupiah.

Sebagai contoh web portal berita yang sudah sangat terkenal seperti: Detik.com, Kompas.com, Tribunnews.com dll. tapi tentu saja syaratnya sang Penulis harus mampu membuat artikel yang berkualitas dan dapat dipercaya. Jika berminat, tunggu apa lagi?

BAGIKAN