Mengenal Pribadi Orang Melankolis

Barangkali Anda adalah salah satu yang ingin tahu mengenai salah satu kepribadian manuasia yaitu tipe melankolis, dan dalam artikel ini akan dibahas mengenai sosok kepribadian melankolis tersebut. Berikut Ciri-ciri orang yang berkepribadian melankolis, di antaranya :

1. Perfeksionis

Perfeksionisme adalah keyakinan bahwa seseorang harus menjadi sempurna untuk mencapai kondisi terbaik pada aspek fisik ataupun non-materi. Perfeksionis adalah orang yang memiliki pandangan perfeksionisme.

Orang dengan tipe melankolis selalu berpikir bahwa mereka harus mengerjakan berbagai hal dengan sebaik-baiknya. Tidak dilakukan dengan asal-asalan meskipun hal tersebut sebenarnya tidak penting atau hal remeh yang bisa dikerjakan dengan santai, seperti melipat baju membereskan buku dan sejenisnya.

2. Suka Beranalisis

Orang melankolis merupakan tipe dengan kepribadian yang penuh pikiran dan senang menganalisa. Mereka selalu melakukan analisis secara mendalam terhadap suatu tugas ataupun kegiatan dan pekerjaan.

Mereka akan merinci terlebih dahulu tahapan dari awal bagaimana pekerjaan itu dilakukan serta resiko yang mungkin menghampiri. Karena hal inilah mereka bekerja dengan penuh kehati-hatian.

3. Nyaman Bekerja Sendiri

Artinya orang melankois cenderung menyukai pekerjaan untuk diselesaikan secara pribadi atau sendiri. Mereka menetapkan standar yang sangat tinggi terhadap suatu hal yang mereka anggap milik mereka.

Seringkali orang melankolis sulit mempercayakan berbagai hal yang mereka kerjakan pada orang lain. Sehingga mereka cenderung untuk memilih menyelesaikan segala hal sendiri dibandingkan harus merasa tidak puas dengan hasil kerja orang lain.

4. Senang Akan Data

Bagi para melankolis sebuah data, grafik atau diagram bagaikan seni di mata mereka. Semua hal yang berbau pasti dan berkaitan dengan data merupakan kesukaan mereka. Untuk itu orang melankolis memang cocok bekerja di bidang analis dan juga yang melibatkan data dan hitungan.

5. Pendendam

Dalam jangka pendek ataupun panjang, kepribadian melankolis sulit melupakan kejadian yang pernah mereka alami. Terutama jika mereka mengalami sakit hati atau perasaan tidak suka terhadap seseorang atau suatu kejadian.

Karena hal inilah mereka cenderung pendendam dan ingin membalaskan apa saja yang mereka bisa, baik dengan cara positif maupun dengan cara negatif.

6. Senang di Balik Layar

Ketika Anda bertemu orang melankolis, mereka tidak senang publikasi dan juga perhatian. Bagi orang melankolis dalam bekerja yang penting adalah caranya. Ketika mereka berhasil, maka mereka akan membawa kesenangan tersebut untuk diri sendiri bukan untuk publikasi.

Kepribadian ini cocok bekerja di balik layar, di mana mereka bekerja sebagai konseptor dan mematangkan apa yang harus dijalankan. Sehingga jika mereka mendapatkan pekerjaan di balik layar tanpa harus menarik perhatian, orang melankolis cenderung akan senang.

7. Cenderung Merenung

Kepribadian melankolis cenderung duduk seorang diri. Ia menghindari orang ramai dan duduk sambil termenung. Mereka lebih senang memikirkan sesuatu hal sebelum melakukannya. Ia sering memikirkan kejadian-kejadian lalu kemudian menganalisis menjadi sesuatu yang faktual.

Nah, itulah ciri yang dimiliki orang berkepribadian melankolis. Tulisan berikutnya kita bahas ” Apa Kelebihan Orang Melankolis”

BAGIKAN