Facebook Beberkan Kesalahannya

Facebook berulang tahun ke-14 hari ini, 5/2/2018. Dalam perjalanan selama 14 tahun tersebut, Mark Zuckerberg membeberkan bahwa perjalanan panjang ini bukan tanpa kesalahan.

Zuck menyebut dalam posting sepanjang 245 kata bahwa mendirikan Facebook penuh dengan kesalahan teknis, keputusan yang buruk, mempercayai orang yang salah, hingga melewatkan tren penting.

Zuckerberg

“Sepanjang tahun, saya membuat setiap kesalahan yang mungkin Anda bayangkan. Saya membuat puluhan kesalahan teknis dan keputusan buruk, dan menaruh orang berbakat di tempat yang salah,” tulisnya.

“Saya melewatkan tren penting dan lebih lambat dari yang lain. Saya meluncurkan produk setelah produk yang gagal, dan tak heran, jika selama ini para pengguna kami ada yang mengirim surat terbuka.”

Meski demikian, Facebook berhasil menjaga posisinya sebagai jejaring sosial paling dominan di dunia. Dengan 2 miliar pengguna yang setidaknya mengunjungi laman Facebook mereka sekali tiap bulan. Facebook bahkan mengantongi pendapatan Rp 175,2 triliun (US$13 miliar) di kuartal empat 2017.

Facebook dan media sosial lain tengah meneliti soal berapa besar pengaruh dan jangkauan mereka terhadap penggunanya. Terutama setelah adanya penyalahgunaan media sosial itu oleh agen Rusia.

Untuk itu, belakangan Facebook membuat kebijakan baru soal isi linimasa penggunanya. Algoritma baru Facebook akan mengutamakan kiriman dari teman dan relasi pengguna ketimbang dari media dan brand. Posting berisi cerita lokal juga akan lebih didorong, demikian disebutkan Cnet.

BAGIKAN