Andi Bakti Haruni Resmi Selaku Penjabat Bupati Bone

Penjabat (Pj) Gubernur Sulawesi Selatan Dr. Soni Sumarsono, M.D.M. melantik Ir.H.A.Bakti Haruni, C.E.S. selaku Penjabat (Pj) Bupati Bone. Upacara pelantikan dilaksanakan di Pelataran Rumah Jabatan Bupati Bone, Jalan Petta Ponggawae No.1 Watampone, Kamis, 19 April 2018.

Sebelumnya, A.Bakti Haruni adalah pelaksana tugas (plt) Kepala Dinas Tata Ruang dan Permukiman Pemprov Sulsel, kemudian ditunjuk selaku Penjabat sementara (Pjs) Bupati Bone (13 Februari 2018), selanjutnya dilantik selaku Penjabat (Pj) Bupati Bone (19 April 2018 hingga pelantikan Calon Bupati Bone terpilih pada Pilkada mendatang.

Oleh karena itu, Bapak Ir.H.A.Bakti Haruni, C.E.S. akan bertugas dan menjalankan roda pemerintahan di Pemkab Bone hingga pelantikan Calon Bupati Bone Terpilih pada hasil Pilkada mendatang.

Penjabat Bupati Bone Ir.H.A.Bakti Haruni,C.E.S. bersalaman dengan Calon Bupati Bone Periode 2018-2023 Dr.H.A.Fahsar M.Padjalangi, M.Si.

Sebelumnya, Bupati Bone Periode 2013-2018 Dr.H.A.Fahsar M.Padjalangi,M.Si. yang dilantik pada tanggal 18 April 2013 lalu, berakhir masa jabatan pada tanggal 18 April 2018 kemarin. Dan Beliau (H.A.Fahsar M.Padjalangi,M.Si. dan H.Ambo Dalle) kembali maju sebagai Calon Bupati dan Wakil Bupati Bone Periode 2018-2023.

Pada acara tersebut, dilanjutkan dengan penandatangan pakta integritas dan berita acara serah terima jabatan serta penyerahan memori jabatan kepada Penjabat Bupati Bone Ir.H.A.Bakti Haruni,C.E.S.

Sementara, Pj Gubernur Sulawesi Selatan, Dr. Soni Sumarsono, M.D.M. dalam sambutannya berharap, Pj Bupati Bone dapat mempelajari naskah memori jabatan yang telah diterima serta mengetahui, program-program pembangunan apa saja yang dapat dilakukan dan ditingkatkan di Kabupaten Bone.

Lanjutnya, “Tentu tidak semua bisa ditindaklanjuti dalam waktu beberapa bulan ini, cukup dipilah mana yang kira-kira prioritas bagi masyarakat banyak serta dapat diteruskan oleh Bupati dan Wakil Bupati yang definitif nanti,”.

“Tugas seorang penjabat bupati adalah sebagai jembatan penghantar dari kepala daerah sebelumnya kepada kepala daerah yang baru,” jelas Pj Gubernur.

Maka itu seorang penjabat atau Pj itu punya 2 tugas, yaitu mempertahankan roda organisasi pemerintahan tetap berjalan serta ikut menyukseskan pelaksanaan Pilkada yang demokratis, terutama agar hasilnya dapat diterima seluruh masyarakat.

Sementara Pj Bupati Bone berjanji akan berupaya mempertahankan apa yang sudah dicapai pada masa pemerintahan H.Andi Fahsar dan semoga bisa lebih baik lagi.

Menurut A,Bakti Haruni, ia akan kerja tepat dan sesuai aturan. Ia pun berpesan kepada para pejabat Pemkab Bone untuk tidak mengambil kebijakan yang bertentangan dengan peraturan perundangan yang berlaku.

Pada kesempatan itu, Penjabat Gubernur Sulsel Soni Sumarsono, memuji keberhasilan Andi Fahsar selama memimpin Bone kurun lima tahun terakhir, demikian pula atas partisipasi masyarakat Bone.

Soni Sumarsono menyebut, Bone banyak mengalami perubahan, ada dua hal yang luar biasa di Bone, yaitu pembangunan dan perkembangan di Bone, adat istiadat tetap dipertahankan, serta kondisi yang damai terkhusus gelaran pilkada tahun 2018 ini.

“Beberapa tahun lalu, saya pernah ke Bone, dan saat ini melihat perkembangannya yang sangat pesat, selain itu tidak ada daerah lain di Sulawesi Selatan yang sesejuk dan sedamai dengan Bone terutama menjelang pilkada ini,” puji Soni Sumarsono.

” Hal itu tentu tidak lepas kerja keras seluruh pihak, baik TNI/Polri, forkopimda Bone, dan seluruh lapisan masyarakat Bone,” ujarnya.

Ia berpesan, agara Penjabat Bupati dan unsur forkopimda lainnya harus mewujudkan Bone lebih aman, kendati saat ini kita merasakan suasana yang kondusif, namun tetap waspada dari ancaman radikalisme, dan yang terpenting menjaga keutuhan NKRI.

Oleh karena itu, terus jaga dan tingkatkan apa yang telah diperoleh saat ini, saya yakin dan percaya Bone akan mendapatkan penghargaan di tingkat Nasional,” tutup Pj Gubernur Sulsel Soni Sumarsono.

Hadir pada acara pelatikan, di antaranya Seluruh pimpinan forkopimda Bone, Calon Petahana Bupati dan Wabup Bone, Pejabat SKPD Lingkungan Pemkab Bone, Camat,Kades, Lurah, Ketua BPD, Imam Desa, dan Ketua Tim Penggerak PKK, tokoh masyarakat, serta tamu undangan lainnya.

Sumber : https://bone.go.id/

BAGIKAN